Header Ads

10 Fakta Tentang Tubuh Yang Belum Kamu Ketahui (Part 1)



Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang memiliki tingkat kesempurnaan kompleks. Dalam tubuh manusia memiliki sistem yang sangat rumit. Saking rumitnya membuat kita sendiri takjub dengan tubuh kita. Sistem kerja yang sangat teratur hingga kemampuan-kemampuan diuar nalar kita ternyata ada dalam tubuh kita.

Banyak misteri dan fakta yang belum terungkap dibalik tubuh manusia. Da inilah, 10 Fakta Tentang Tubuh Yang Belum Kamu Ketahui:


1. Kecepatan Bersin Melebihi Kendaraan

Kecepatan bersin manusia bisa melebihi 100 Mph atau 250 KM/Jam dan bisa melontarkan lebih dari 100.000 kuman ke udara. Kamu pasti pernah seenaknya bersin sembarangan tanpa menggunakan sarung tangan bukan? Mulai sekarang hati-hati dengan tindakan ini. Kuman yang kamu lontarkan bersama bersin bisa mencapai 100 ribu kuman ke udara. Bersin dengan mata terbuka juga akan membuat bola mata lepas dari sarangnya. Tekanan yang kuat karena bersin membuat mata tidak nyaman apabila terbuka. Maka secara refleks kelopak mata akan memberikan perlindungan dengan cara menutup atau memejamkan mata. (Wikipedia)

2. Manusia Merontokkan 40.000 Kulit Mati/Jam dan 3,6 Kg/Tahun

Para ilmuwan memperkirakan bahwa tubuh manusia terdiri dari sekitar total 10 triliun sel kulit. Dan dari miliaran sel-sel kulit, antara 30.000 dan 40.000 sel kulit manusia rontok setiap jam. Selama periode 24-jam, kita kehilangan hampir satu juta sel kulit. Dalam satu tahun, kita merontokkan lebih dari 8 pound (3,6 kilogram) dari kulit mati. Debu yang menempel di meja, TV, jendela dan pada bingkai foto yang sangat sulit untuk dibersihkan sebagian besar berasal dari sel-sel kulit mati. (Boston Globe)


3. Panjang Usus Manusia 2X Lapangan Tenis

Jika diuraikan usus manusia luasnya mencapai 2 kali lapangan tenis. Standar internasional yang berlaku untuk lapangan tenis selama ini adalah 36m x 18m atau seluas 648 m2. Artinya kalau dikatakan permukaan usus manusia jika dibentangkan luasnya 2 kali luas lapangan tenis, itu berarti sekitar 1.296 m2. (Health Detik)

4. Tulang Manusia Sanggup Menahan 5 Truck Pickup

Tulang manusia memiliki kekuatan luar biasa, bahkan lebih kuat dari baja. Sebuah inci kubik tulang pada prinsipnya dapat menanggung beban 19.000 lbs atau 8,626 kg atau lebih. Kira-kira berat standar lima truk pickup. (Live Science)


5. Jarak alir Darah Sejauh 2X Banda Aceh-Jayapura

Manusia memiliki 5,6 liter darah dalam tubuh, itu setara dengan hampir 4 kali botol air mineral besar ukuran 1500 mili liter. Jika dikalkulasikan, dalam sehari darah didalam tubuh dapat menempuh jarak sejauh 12,000 mill. Itu seperti kamu melakukan perjalanan pergi dan pulang dari Banda Aceh ke Jayapura Papua dengan jalur darat, yang pada dasarnya perjalanan sejauh itu dengan jalur darat butuh waktu 11 hari perjalanan dan itupun masih kurang 2242 mill. (Study Guide for Anatomy & Physiology, hal. 201)

6. Panjang Pembuluh Darah 2,5 X Dari Bumi

Panjangnya pembuluh darah Kamu bisa melingkari Bumi. Meskipun ukuran diameternya relatif kecil, tetapi panjang jaringannya luar biasa. Jika dirurai menjadi garis lurus, pembuluh darah Kamu lebih dari 60.000 mil panjangnya, menurut National Institute on Aging (NIA) di AS. Sedangkan Lingkar bumi di bagian khatulistiwa adalah sekitar 24.902 mil, artinya pembuluh darah manusia 2,5 kali lebih panjang dari lingkar bumi khatulistiwa. (Health Kompas)


7. Kuku Tangan Lebih Cepat Tumbuh Dari Kaki

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 - 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh. Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi atau menderita anoreksia nervosa, pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh. Dr. D'Anne Kleinsmith, seorang dermatologis di West Bloomfield, Michigan menjelaskan kenapa kuku jari tangan lebih cepat tumbuh daripada jari kaki, itu karena pada kuku jari tangan sirkulasinya lebih baik dibandingkan dengan kuku kaki yang menyebabkan perbedaan masa rumbuh antara keduanya. (wikipedia)

8. Otak Membutuhkan 20 Total Oksigen dalam tubuh

Meskipun komposisi otak hanya 2 persen dari total massa tubuh, bagian ini menghabiskan total 20 persen kebutuhan oksigen. Artinya, seperlima dari suplai oksigen yang masuk saat bernapas akan langsung lari ke otak. Begitu besarnya kebutuhan otak akan oksigen sementara otak hanya memiliki sedikit oksigen cadangan. Hal ini juga yang menyebabkan otak rentan mengalami kerusakan pada kondisi kekurangan oksigen. Jika sama sekali tidak mendapat suplai oksigen dalam waktu 3-7 menit saja, sel-sel otak akan mulai mengalami kematian. (Health Detik)

9. Kecepatan impuls Saraf Melebihi F1

Impuls saraf bergerak dari dan menuju otak dengan kecepatan 400 km/jam. Kecepatan sinyal saraf ini melebihi kecepatan mobil balap f-1 sekalipun. Fungsi inpuls saraf ini untuk mengatur semua aktifitas seperti berfikir, bernafas, dan bergerak. Bahkan ketika kamu membaca tulisan ini impuls saraf terus bergerak dalam kecepatan tersebut. (Molecular, Cellular, and Tissue Engineering)

10. Ada 100 Triliun Bakteri Dalam Tubuh Manusia

Sebagaimana dilansir dari Mother Nature Network. Pada sekitar 10 triliun sel manusia, ada 10 kali mikroba di dalamnya. Jadi ada sekitar 100 triliun penampang bakteri yang tak terlihat. Banyaknya bakteri itu sendiri ternyata juga dipengaruhi oleh berat badan tiap-tiap orang. Untungnya, kebanyakan mikroba tersebut sifatnya baik, bahkan bersimbiosis mutualisme dengan manusia. Misalnya memerangi bakteri jahat atau membantu proses pencernaan makanan karena tubuh manusia kekurangan enzim tertentu yang tidak mampu memecah nutrisi. (Mother Nature Network)

Dan inilah ke-10 fakta menakjubkan dari tubuh kita. akhirnya kita semakin takjub dengan pencipta kita, juga semakin sayang dengan tubuh kita untuk selalu menjaga kesehatannya agar senantiasa dapat bekerja dengan maksimal. Walaupun ada banyak lagi fakta tentang tubuh, setidaknya 10 fakta ini membuat kita selalu bersyukur kepada Allah nikmat tubuh yang luar biasa ini.

Bagaimana pendapat kalian? apakah ini membuat kalian takjub? tulis komentar kalian di kolom komentar dibawah ini.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.