Header Ads

10 Benda Dalam Keseharian Tidak Disangka Berbahaya Bagi Manusia


Apa yang paling berbahaya adalah hal yang tampak tidak berbahaya. Berikut adalah 10 hal sehari-hari yang benar-benar berbahaya!

1.Lilin

Menyalakan lilin adalah salah satu kegiatan yang paling umum dilakukan di dunia. Entah itu untuk menciptakan lingkungan yang lebih santai, membuat suasana menjadi romantis, atau membuat ruang tampak indah atau meriah. Akan tetapi lilin juga bisa menjadi sangat berbahaya karena itu merupakan api yang terbuka begitu saja yang hanya berdiam di satu tempat, dan dapat menyambar sesuatu yang mudah terbakar. Sekitar 3% dari kebakaran rumah sejak tahun 2009-2013 itu dimulai dari lilin, dan sebagian besar kebakaran dimulai dari kamar tidur yang menyalakan lilin didalamnya, dan lilin tersebut menyambar objek-objek yang mudah terbakar yang ada dikamar tidur.

Pada awal tahun 2017, kebakaran yang melanda sejumlah rumah di Mangga Dua, Jakarta Barat menghanguskan permukiman padat penduduk itu diduga berasal dari sebuah lilin yang dimainkan anak dari salah satu warga. Ini karena lilin yang dimainin anak salah satu warga hingga tersulut dari arah belakang.  Walau pun tidak termakan korban jiwa namun dapat di pastikan kerugian material mencapai miliaran rupiah. Sekitar 90 rumah telah lenyap di santap api. Barang berharga warga tidak sempat dilarikan karena api dengan cepat melambat di pemukiman warga. Setidaknya 35 mobil pemadam kebakaran telah di turunkan untuk menjinatkan api. Pemadam kebakaran tidak dapat berbuat banyak. Ketika melihat api bagaikan neraka yang begitu mengerikan. (merdeka.com)

2.Elevator (lift)

Setiap tahunnya sekitar 27 orang meninggal, dan lebih dari 10.000 orang terluka akibat menggunakan Lift. Sementara para ahli ingin kita percaya bahwa menggunakan lift itu sangat aman, padahal bahaya dari menggunakan Elevator sangatlah dramatis.

Pada awal tahun 2015, Karyawan di kompleks perkantoran Arcadia, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, digegerkan dengan insiden jatuhnya lift di Tower B Gedung Nestle dan 2 karyawannya tewas dalam insiden tersebut. Saat lift jatuh, dentuman dan getaran kencang dirasakan para karyawan yang bekerja di kompleks perkantoran Arcadia. (news.liputan6.com)

3.Tusuk Gigi

Tusuk gigi? Cukup sepele bukan? Tusuk gigi ada pada waktu yang tepat di saat anda usai menyantap sebuah hidangan. Namun meskipun begitu, tusuk gigi sebenarnya cukup berbahaya. Dalam artikel di Newyork tahun 1984 mengungkapkan bahwa lebih dari 8.000 orang terluka karena tusuk gigi. Karena kecelakaan, tusuk gigi tersebut dapat tertelan, ataupun menusuk mata dan telinga anda saat anda secara tidak sengaja sedang memainkan tusuk gigi tersebut. Selain itu, tusuk gigi juga menjadi penyebab kerusakan pada gusi yang sangat beresiko.

Menurut drg. Citra Kusumasari, SpKG, tusuk gigi merupakan alat bantu untuk membersihkan gigi sebelum ditemukannya sikat gigi. Seiring ditemukannya sikat gigi dan benang gigi, penggunaan tusuk gigi lambat laun mulai ditinggalkan, sebab penggunaan tusuk gigi memang kurang tepat bagi gusi. Bentuk tusuk gigi yang tidak sesuai dengan anatomis gusi dan gigi, justru akan menyebabkan luka dan perdarahan bagi gusi. Ditinjau dari kebersihannya, tusuk gigi yang tidak steril juga dapat menimbulkan infeksi pada rongga mulut. (doktersehat.com)

4.Tangga

Jika anda berpikir bahwa menaiki tangga adalah pilihan yang menyehatkan, pikirkan lagi. Setiap tahunnya, lebih dari ribuan orang meninggal dunia karena tangga. Faktanya, tangga adalah benda paling berbahaya di rumah. Khususnya bagi anak – anak atau balita, maupun lansia yang rentan karena terjatuh dari tangga akibat tidak bisa menjaga keseimbangan dan kordinasi tubuh. Satu kesalahan saja dalam melangkah saat menuruni tangga, maka akibatnya orang tersebut akan jatuh terjerembab ke lantai. Jika tangga tersebut memiliki desain dan konstruksi yang sangat buruk, maka kemungkinan tangga tersebut dapat melukai anda bahkan bisa lebih buruk dari itu.

Insiden konyol jatuh dari tangga pernah dialami oleh seorang raja tempo dulu. Kaisar Mughal Humayun adalah seseorang yang sangat religius, bahkan ia selalu berlutut ketika mendengar panggilan doa. Hingga pada suatu hari ia mendengar panggilan doa ketika berdiri di sebuah anak tangga, tanpa pikir panjang ia pun langsung berlutut hingga tak sengaja kakinya tersandung oleh pakaiannya yang sangat panjang dan ia harus tewas karena jatuh dari tangga tersebut. (tentik.com)

5.Cotton Buds

Terlihat dari kemasan, tampaknya sangat tidak mungkin bahwa telinga anda akan tertusuk. Walaupun kita sering berpikir bahwa benda ini akan sangat membantu anda dalam membersihkan dan menyerap kotoran telinga anda, namun dokter mengatakan bahwa ternyata selama ini kita telah menyerap cairan di telinga lebih dari semestinya dengan menggunakan benda yang satu ini. Hal ini akan berpengaruh buruk pada telinga anda, karena dapat menyebabkan anda kehilangan kemampuan mendengar bahkan dapat menyebabkan kepala anda sakit. Ditambah lagi, Cutton Bads ini dapat menyebabkan iritasi pada kanal telinga dan dapat menusuk gendang telinga anda.

Apabila terdapat kotoran berlebihan di dalam telinga, sebaiknya meminta dokter spesialis telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) untuk membersihkannya. Untuk telinga bagian luar, bisa dibersihkan dengan air bersih. (nationalgeographic.co.id)

6. Eskalator

Kecelakaan eskalator terus berlanjut, meskipun sudah tak terhitung jumlah korban akibat kecelakaan di tangga berjalan atau eskalator. Benda yang satu ini mungkin benda yang banyak memakan korban di era modern ini. Banyak foto tersebar di dunia maya yang menayangkan para korban akibat kecelakaan saat menggunakan eskalator. Namun, hal itu tak membuat masyarakat lebih waspada atau berhati-hati saat menggunakan eskalator baik di pusat keramaian, mall, atau dimana pun.

Akhir-akhir ini dibulan Januari 2017. Sriyatun (35), terjatuh dari lantai 1 ke latai GF di sebuah mal di Tangerang. Korban saat itu hendak menolong anaknya yang akan terjatuh dari eskalator. Ia berusaha menolong anaknya yang saat itu tergantung di eskalator. Namun nahas, Sriyatun malah terjatuh dari lantai 1 ke ground floor. Beruntung anak korban diselamatkan oleh seorang pengunjung mal lainnya. Sementara korban dilarikan ke rumah sakit. Akibat peristiwa tersebut, korban dikabarkan mengalami retak di bagian wajah kiri dan retak di bagian tungkai kaki kiri. (news.detik.com)

7.Smartphone

Dalam waktu beberapa bulan terakhir, cerita horor tentang ponsel meledak banyak menghiasi pemberitaan media. Bukan hanya merek abal-abal, ponsel merek ternama pun ada yang meledak sampai akhirnya ditarik dari peredaran. Ini yang membuat para ahli berpikir keras untuk memecahkan masalah tersebut. Selain itu, menurut sebuah studi yang dilakukan di Swedia mengungkapkan bahwa HP bisa meningkatkan 400% resiko kanker bagi penggunanya. Mengantongi HP dalam kantong celana atau membiarkan anak-anak tidur didekat HP yang aktif juga dapat menggangu kesehatan. Selanjutnya lebih dari 25% kecelakaan kendaraan bermotor diakibatkan karena penggunaan smartphone berlebihan saat menyetir seperti menelpon, mengetik pesan, atau hanya sekedar mendengar musik.

8.Televisi

Televisi menjadi berbahaya dalam beberapa alasan. Benda ini membuat anda akhirnya memiliki gaya hidup yang tidak baik. Televisi juga memancarkan jenis radiasi seperti sinar X – Ray dan elektromagnet yang menyebabkan gangguan kesehatan yang berkepanjangan. Beberapa anak menjumpai kematiannya akibat tertimpa televisi yang beratnya melebihi berat tubuh mereka.

Perlu diingat bahwa sejak dua tahun yang lalu, Millward Brown, sebuah perusahaan advertising yang berbasis di New York, sudah menemukan bahwa konsumen Indonesia menghabiskan rata-rata 9 jam di depan layar. Indonesia pun tergolong sebagai negara dengan konsumsi video terbanyak di dunia. Mirisnya, hanya sedikit penikmat gadget yang secara segaja menonton siaran pendidikan. (helpsharia.com)

9. MDF (Furniture Dari Serbuk Kayu)

Perabotan murah dan banyak digemari oleh masyarakat ini terbuat dari bahan dasar kayu. Walaupun rumah juga terkonstruksi dari 70 – 80% terbuat dari kayu, tetapi saat produk ini terkena panas yang berlebihan, akan berakibat buruk untuk anda. MDF terbuat dari kayu – kayu bekas produksi yang dicampur dengan bahan pengikat sehingga menjadi lembaran – lembaran papan. Resiko penyakit yang dapat ditimbulkan MDF terdapat pada debu disekitar permukaan papan MDFdan bahan formaldehyde yang digunakan untuk merekatkan partikel kayu.

Menurut IARC (International Agency for Research on Cancer), sebuah sub organisasi dari WHO (World health Organization) menemukan bahwa debu kayu merupakan 'carcinogen' (penyebab kanker) dan Formaldehyde juga disebutkan adanya kemungkinan yang sama pada level carcinogen 3, yang berarti memiliki potensi untuk menjadi penyebab kanker. apabila anda baru saja membeli sebuah set furniture MDF ini, aroma khas akan keluar dari furniture anda dan kadang-kadang akan terasa pedih di mata apabila kita terlalu dekat terutama ketika membuka pintu. Itulah sebabnya sebaiknya apabila baru saja membeli almari yang terbuat dari bahan papan buatan, sebaiknya biarkan pintu-pintunya terbuka selama beberapa hari sebelum digunakan. Di jerman dan beberapa negara Skandinavia justru memberikan batas lebih rendah yaitu 0.1 ppm. Pengukuran kadar emisi Formaldehyde ini bisa diketahui melalui pemeriksaan laboratorium dengan metode khusus. (tentangkayu.com)

10.Tempat Tidur

Yah walaupun konyol, setidaknya tetiap tahun hampir 2 juta orang dilarikan ke ruang darurat akibat terjatuh dari tempat tidur mereka dan hampir 400.000 orang akhirnya harus dirawat di rumah sakit. Bahkan saat di rumah sakit, ada 450 kematian setiap tahunnya akibat kejadian ini. Terjatuh dari tempat tidur akan sangat berbahaya lebih dari yang anda pikirkan, khususnya dapat menyebabkan kepala anda terbentur dan juga matras yang tidak nyaman akan menyebabkan berbagai gangguan pada tulang belakang anda. (cwimedical.com)

Demikian beberapa benda sehari-hari yang tidak terduga berbahaya bagi manusia . Jadi, ada baiknya untuk lebih berhati-hati terhadap benda-benda tersebut .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.